Address :

Jl H Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450,

No. Tlp 021.7658075 -  021. 7505112, Fax. 021. 75904863

Indonesian Dutch English French Japanese Korean

Museum Layang Layang Indonesia dibangun dengan konsep Jawa, & memiliki beberapa bangunan,

The Venue

Museum Layang Layang Indonesia dibangun dengan konsep Jawa & memiliki beberapa bangunan, memasuki Museum anda dapat membayar tanda masuk di loket sebelah kiri, pada bagian samping loket adalah ruangan audio visual dimana pengunjung dapat menonton video tentang sejarah & festival layang2, ruangan ini dapat menampung sekitar 35 orang anak2. Berhadapan dengan ruang audio terdapat pendopo terbuka berlantai putih, ruangan ini biasanya digunakan untuk anak2 beraktifitas membuat layang2, membatik, untuk party, wedding dll. Dibagian luar ada bangunan memanjang yang terbuat dari bata merah, ruangan ini adalah kantor & tempat penerimaan tamu. Sedangkan di tengah2 merupakan bangunan utama dari museum ini yang berupa pendopo berlantai merah, pada bangunan ini bisa ditemui orang2 yang sedang beraktifitas, pendopo ini bisa memuat  ± 70 anak2. Pada bagian dalam dari pendopo ini merupakan ruang pamer yang berisi koleksi layang2  berasal dari daerah & mancanegara.

Di sebelah pendopo dapat ditemui ruangan untuk aktivitas membuat keramik yang terbuat dari tanah liat, dan dapat juga ditemui 2 unit oven besar yang merupakan dapur untuk membakar keramik. Di Museum ini juga terdapat Musholla yang terletak dipojok depan pendopo utama.

Koleksi Museum :

  • Didalam ruangan pamer museum terdapat berbagai jenis layangan tradisional & mancanegara, dimulai dari pintu masuk sebelah kiri terdapat layang2 yg berasal dari Sumatera, diantara nya Kajang Lako, Angso Duo, Patah Siku, Langlang Macho dll, ada juga layangan yang berasal dari Kalimantan (Dandang Laki & Dandang Bini), selain layangan tradisional didalam museum bisa kita temui layangan kreasi dua dimensi & kreasi tiga dimensi, yang berupa perahu layar, capung, ikan terbang & laba2, ada pula layangan terkecil didunia yang berasal dari Cina yang hanya berukuran 2 cm, selain layangan tersebut ada juga layangan yang berusia tua yang terbuat dari daun umbi-umbian yang berasal dari Muna, Sulawesi Tenggara.

Kites by Museum Layang Layang Indonesia :

  • Disamping itu juga Museum menerima pesanan membuat layang layang besar yang biasanya digunakan untuk festival atau untuk koleksi pribadi, biasanya yang mereka pesan berupa layangan tanpa rangka, jadi layangan besar ini bisa dilipat, terbuat dari bahan sejenis parasut yang lebih lembut (ripstop). Bentuknya bisa bermacam-macam seperti ikan koi dengan panjang 12 m, Komodo dengan panjang 15 m, ada juga ikan Arwana 4 m , Paus 4 m, layangan ini terjual ke mancanegara seperti Singapore, Malaysia, Taiwan, UK, German dll

Hour Admission :

- Buka setiap hari, kecuali hari libur nasional
- Jam operasional 09:00 – 16:00 WIB
- Entrance fee Rp. 15.000,-

Download :

Address :

Jl H Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450,

No. Tlp 021.7658075 -  021. 7505112, Fax. 021. 75904863